Pages

Wednesday, March 23, 2011

Opera Mobile 11 & Opera Mini 6



Sekarang giliran Opera yang mengeluarkan browser terbarunya, tapi kali ini bukan untuk pengguna desktop, melainkan untuk pengguna Mobile. Tidak tanggung-tanggung, langsung dua browser mereka rilis secara bersamaan, yaitu Opera Mobile 11 dan Opera Mini 6.

Apa saja hal baru dalam versi terbaru ini?

  • Adanya opsi tambahan yaitu Share , fitur ini digunakan untuk berbagi link kepada orang lain, pilihan yang ditawarkan ada 2, yaitu melalui message atau melalui bluetooth
  • Navigasi lebih halus dari versi sebelumnya , adanya fitur zoom in dan zoom out saat kita membuka halaman web.
  • Lebih cepat me-Load halaman dibandingkan versi sebelumnya

Apa Perbedaan antara Opera mobile dan Opera Mini? untuk menjawab pertanyaan ini saya mengutip dari chip.co.id , antara lain:
  • Browser Opera Mini menggunakan server Opera untuk mengkompres halaman web menjadi sepersepuluh dari ukuran aslinya sebelum dikirimkan kembali ke ponsel Anda. Karena data yang dikirim lebih kecil, halaman web akan terkirim lebih cepat daripada kecepatan suara. Pada layanan data “bayar yang Anda butuhkan”, browser Opera Mini secara dramatis memotong biaya yang harus Anda bayarkan, karena telah dikecilkan. Browser Opera Mini membuat semua perangkat memiliki kecerdasan berinternet.
  • Browser Opera Mobile memberikan Anda optimalisasi pada ponsel pintar dan tablet. Keajaiban HTML 5 sudah tersedia. Berbagi mesin browser Opera Presto yang terdapat pada browser Opera  desktop, browser Opera Mobile merupakan pilihan utama untuk menjelajah yang cepat dan hebat untuk layanan data internet unlimited atau nirkabel (Wi-Fi)

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat bahwa masing-masing browser tersebut memiliki kelebihan, jika ingin internetan hemat, lebih baik kita memakai Opera Mini , lain hal nya kalau kita berada di jaringan wifi, tentu akan lebih optimal jika kita menggunakan opera Mobile :D
Saya sendiri lebih suka memakai OpMob dibanding OpMin, dikarenakan OpMob mendukung flash dan halaman yang ditampilkan layaknya seperti kita surfing melalui desktop :)

Langsung saja, bagi yang ingin mencoba langsung saja unduh di website resminya: :ngacir

No comments:

Post a Comment